Minggu, 22 Juli 2012

RPP KELAS 3 SEMESTER I


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )

Nama Sekolah
:  ………………………………
Mata Pelajaran
: Seni Budaya Dan Keterampilan
Kelas/Semester
: III (tiga)/I (satu)
Pertemuan Ke
: 1
Alokasi Waktu
: 2 x 35’


Standar Kompetensi
SENI RUPA
1.                                                                                   Mengapresiasi Karya Seni rupa

Kompetensi Dasar
Menjelaskan symbol dalam karya seni rupa dua dimensi

I.   Tujuan Pembelajaran
·      Siswa dapat mengidentifikasi simbol dalam karya seni rupa dengan disiplin   (NK: Disiplin ( Discipline ))
·      Siswa dapat menjelaskan simbol dalam karya seni rupa dua dimensi dengan teliti ( carefulness) (NK: Ketelitian ( carefulness))
·      Siswa dapat menentukan simbol dalam karya seni rupa dua dimensi dengan percaya diri (NK: percaya diri (Confidence )
·      Siswa dapat membedakan  simbol dalam karya seni rupa dua dimensi

v Karakter siswa yang diharapkan :   Disiplin ( Discipline )
Tekun ( diligence )
Tanggung jawab ( responsibility )
Ketelitian ( carefulness)
Kerja sama ( Cooperation )
Percaya diri ( Confidence )

II.   Materi Ajar
a.     Simbol seni rupa dua dimensi
Unsur-unsur dasar karya seni rupa adalah unsur-unsur yang digunakan untuk mewujudkan sebuah karya seni rupa. Unsur-unsur itu terdiri dari :
1.      Titik /Bintik
Titik/bintik merupakan unsur dasar seni rupa yang terkecil. Semua wujud dihasilkan mulai dari titik. Titik dapat pula menjadi pusat perhatian, bila berkumpul atau berwarna beda.Titik yang membesar biasa disebut bintik.
2.      Garis
Garis adalah goresan atau batas limit dari suatu benda, ruang, bidang, warna, texture, dan lainnya. Garis mempunyai dimensi memanjang dan mempunyai arah tertentu, garis mempunyai berbagai sifat, seperti pendek, panjang, lurus, tipis, vertikal, horizontal, melengkung, berombak, halus, tebal, miring, patah-patah, dan masih banyak lagi sifat-sifat yang lain. Kesan lain dari garis ialah dapat memberikan kesan gerak, ide, simbol, dan kode-kode tertentu, dan lain sebagainya. Pemanfaatan garis dalam desain diterapkan guna mencapai kesan tertentu, seperti untuk menciptakan kesan kekar, kuat simpel, megah ataupun juga agung. Beberapa contoh symbol ekspresi garis serta kesan yang ditimbulkannya, dan tentu saja dalam penerapannya nanti disesuaikan dengan warna-warnanya
3.      Bidang
Bidang dalam seni rupa merupakan salah satu unsur seni rupa yang terbentuk dari hubungan beberapa garis. Bidang dibatasi kontur dan merupakan 2 dimensi, menyatakan permukaan, dan memiliki ukuran Bidang dasar dalam seni rupa antara lain, bidang segitiga, segiempat, trapesium, lingkaran, oval, dan segi banyak lainnya
4.      Bentuk
Bentuk dalam pengertian bahasa, dapat berarti bangun (shape) atau bentuk plastis (form). Bangun (shape) ialah bentuk benda yang polos, seperti yang terlihat oleh mata, sekedar untuk menyebut sifatnya yang bulat, persegi, ornamental, tak teratur dan sebagainya. Sedang bentuk plastis ialah bentuk benda yang terlihat dan terasa karena adanya unsur nilai (value) dari benda tersebut, contohnya lemari. Lemari hadir di dalam suatu ruangan bukan hanya sekedar kotak persegi empat, akan tetapi mempunyai nilai dan peran yang lainnya.

Bentuk atau bangun terdiri dari bentuk dua dimensi (pola) dan bentuk tiga dimensi. Bentuk dua dimensi dibuat dalam bidang datar dengan batas garis yang disebut kontur. Bentuk-bentuk itu antara lain segitiga, segi empat, trapezium dan lingkaran. Sedang bentuk tiga dimensi dibatasi oleh ruang yang mengelilinginya dan bentuk-bentuk itu antara lain limas, prisma, kerucut, dan silinder.
Sifat atau karakteristik dari tiap bentuk dapat memberikan kesankesan tersendiri seperti :
§  Bentuk teratur kubus dan persegi, baik dalam dua atau tiga dimensi memberi kesan statis, stabil, dan formal. Bila menjulang tinggi sifatnya agung dan stabil.
§  Bentuk lengkung bulat atau bola memberi kesan dinamis, labil dan bergerak.
§  Bentuk segitiga runcing memberi kesan aktif, energik, tajam, dan mengarah.


III.   Metode Pembelajaran
  1. Ceramah
  2. Diskusi
  3. Praktik
  4. Pemberian Tugas
- Mengerjakan soal uji kompetensi
  1. Tes tertulis
IV.   Langkah-langkah Kegiatan Pembelajaran
☺  Kegiatan Awal
  1. Apersepsi
  2. Salam pembuka
  3. Mengabsen siswa
  4. Mempersiapkan alat-alat yang diperlukan
  5. Menayangkan film dokumenter karya seni rupa
☺  Kegiatan Inti
§ Eksplorasi
Dalam kegiatan eksplorasi, guru:
§    Memberikan penjelasan tentang karya dalam film tersebut di atas
§    memfasilitasi terjadinya interaksi antarpeserta didik serta antara peserta didik dengan guru, lingkungan, dan sumber belajar lainnya dengan disiplin   (NK: Disiplin ( Discipline ))
§    melibatkan peserta didik secara aktif dalam setiap kegiatan pembelajaran; dan
§    memfasilitasi peserta didik melakukan percobaan di laboratorium, studio, atau lapangan.
§ Elaborasi
Dalam kegiatan elaborasi, guru:
F Memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya
F Menonton dan mengamati karya seni rupa
§ Konfirmasi
 Dalam kegiatan konfirmasi, guru:
F Guru bertanya jawab tentang hal-hal yang belum diketahui siswa
F Guru bersama siswa bertanya jawab meluruskan kesalahan pemahaman, memberikan penguatan  dan penyimpulan

☺ Kegiatan Akhir
Dalam kegiatan Akhir, guru
F Tugas menceritakan kembali simbol-simbol dalam karya senii rupa dua dimensi

V.   Sumber/Alat/Bahan
  • Buku paket SBK
  • Standar Isi 2006
  • Model Karya seni rupa dua dimensi
  • Gambar dan foto karya seni rupa


VI.   Penilaian

☺  Aspek yang dinilai

-    Aspek afektif (sikap)
Komponen yang dinilai meliputi keberanian, kejujuran, kerjasama, keaktifan, kemampuan mengkomunikasikan hasil kegiatan, dan kepedulian pada lingkungan. Penilaian dilakukan saat siswa melakukan berdiskusi, dan melaporkan hasil praktikum.

-    Aspek kognitif
Komponen yang dinilai meliputi kemampuan menjawab pertanyaan yang dilontarkan guru pada saat test lisan.


☺   Bentuk penilaian
a.       Tes tertulis; soal-soal uji kompetensi dalam bentuk uraian atau pilihan berganda dan lisan.
b.      Unjuk kerja : melakukan kegiatan diskusi.
c.       Produk (hasil kerja) : laporan tertulis dari tugas.

    
☺   Penilaian dilaksanakan selama proses dan sesudah pembelajaran   
Indikator Pencapaian
Kompetensi
Penilaian
Teknik Penilaian
Bentuk Instrumen
Instrumen/ Soal
·        Mengelompokkan berbagai jenis simbul dari ragam hias pada karya seni rupa di lingkungan sekitar. dengan disiplin   (NK: Disiplin ( Discipline ))
·        mengelompokkan berbagai jenis perpaduan symbol rupa berdasarkan unsure-unsur rupa pada karya seni rupa.

Tes tertulis
Unjuk kerja
Jelaskan symbol dalam karya seni rupa dua dimensi
·        menjelaskan makna perpaduan berbagai symbol unsure-unsur rupa pada karya seni rupa.
·        membuat tulisan tentang perasaannya atas berbagai makna symbol karya seni rupa.
·        menyampaikan secara lesan tentang cerminan perasaannya atas berbagai makna symbol pada karya seni rupa.
Tes tertulis
Unjuk kerja
Jelaskan makna perpaduan berbagai symbol unsure-unsur rupa pada karya seni rupa.

·        menjelaskan berbagai makna symbol warna dan ragam hias pada karya seni rupa dua dimensi dan tiga dimensi di lingkungan sekitar.
·        membuat tulisan tentang perasaannya atas berbagai jenis simbol warna dan ragam hias pada karya seni rupa. dengan disiplin   (NK: Disiplin ( Discipline ))
·        menyampaikan secara lisan tentang perasaannya terhadap berbagai makna symbol warna dan ragam hias pada karya seni rupa.
Lesan, praktek.
praktek
Buatkan tulisan tentang perasaannya atas berbagai jenis simbol warna dan ragam hias pada karya seni rupa.

·        Mengelompokkan berbagai jenis simbul dari ragam hias pada karya seni rupa di lingkungan sekitar.
·        mengelompokkan berbagai jenis perpaduan symbol rupa berdasarkan unsure-unsur rupa pada karya seni rupa.

Tes tertulis
Unjuk kerja
Jelaskan symbol dalam karya seni rupa dua dimensi



&  LEMBAR PENILAIAN
No
Nama Siswa
Performan
Produk
Jumlah
Skor
Nilai
Pengetahuan
Sikap
1.
2.
3.
4.
5.
6.
7.
8.
9.
10.






   CATATAN :
  Nilai = ( Jumlah skor : jumlah skor maksimal ) X 10.
@ Untuk siswa yang tidak memenuhi syarat penilaian KKM maka diadakan Remedial.

                                                                                        ............, ......................20 ...
        Mengetahui                                                                               
        Kepala Sekolah                                                     Guru Mapel SBK



         NOVIANA DEWI                                            NOVI AYUNINGTIAS W
NIP/NIK :                                                            NIP/NIK :10141063




NOVI AYUNINGTIAS WIDIANTI
10141063 / 4B / 21
PGSD
IKIP PGRI MADIUN

Tidak ada komentar:

Posting Komentar